Blejer: Yunani harus bangkrut besar

Mantan kepala bank sentral Argentina, Mario Blejer mengatakan Yunani harus menunda pembayaran hutangnya untuk menghentikan kemerosotan ekonomi nasional yang mengancam menyeret Uni Eropa.

“Utang ini tak terbayarkan” ungkap Blejer, yang sempat menjadi penasehat gubernur Bank of England, Mervyn King mulai 2003 sampai 2008. “Yunani harus bangkrut, dan bangkrut besar. (Untuk kasus Yunani, pen.) Kebangkrutan kecil lebih buruk dari kebangkrutan besar dan lebih buruk dari pada tidak bangkrut sama sekali.”

Pejabat Bank Dunia dan Badan Moneter Internasional akan bertemu di Washington pada 23-25 September dan disaat yang sama, para pejabat Uni Eropa sedang bekerja keras supaya mata uang tunggalnya, euro tidak terus merosot dan krisis Yunani memburuk.

Menurut CEO Paficic Investment Management Co. Eropa sedang mengalami krisis perbankan kronis.

Blejer juga mengatakan Program bantuan yang didesain IMF dan Bank sentral Eropa merupakan upaya yang menyebabkan resesi, membuat Yunani bergumul dengan utang yang lebih besar dari ukuran perekonomiannya dalam beberapa tahun kedepan dan menghambat pertumbuhan.

Bangkrutnya Yunani akan memaksa Portugis melakukan hal yang sama dan menempatkan Irlandia dalam tekanan besar setidaknya secara simbolis menyatakan bangkrut, atau tidak mampu membayar sebagian utangnya.

Pernyataan Blejer yang mengepalai bank sentral Argentina di bulan-bulan setelah menyatakan bangkrut karena tidak mampu membayar hutang senilai $95 miliar tentu saja berbeda dengan Kanselir Jerman, yang mengatakan resiko perebakan akibat bangkrutnya Yunani terlalu besar dan Kebangkrutan tak terkendali akan memperburuk turbulensi pasar global.

Pejabat koalisi Jerman meluncurkan kritikan kepada Yunani minggu lalu setelah satu delegasi dari Komisi Eropa, Bank Sentral Eropa dan IMF menunda perilisan laporan perkembangan yang dibuat di Yunani ketika bertemu membahas syarat untuk mendapat paket bantuan. Penundaan ini mengancam terhambatnya pembayaran hutang Yunani yang akan habis masa berlakunya bulan depan.

“Tidak masuk akal memberikan Yunani uang sehingga Yunani dapat membayar hutangnya kembali kepada Jerman,” ketika diminta komentar terkait program bailout Uni Eropa. “Semua proyek ini, semua proyek euro tidak masuk logika ekonomi” (taken from my writes at FR)

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s