Angka pengangguran meningkat, generasi muda Inggris terancam

Generasi muda Inggris tengah menanggung beban akibat anjloknya perekonomian nasional, disaat yang sama mereka berjuang agar tetap dipertahankan diperusahaan tempat bekerja.

Data statistik yang rilis semalam menunjukkan tingkat pengangguran direntang usia 16-24 tahun melonjak menjadi 20,8 persen diperiode tiga bulan sampai Juli, tertinggi sejak pertama kali dibukukan pada 1992 silam.

Angka tersebut akan terus naik karena perekonomian masih belum stabil dan pemerintah berusaha agar ekonomi tidak kembali terperosok resesi.

Dampak dari berlipatnya jumlah pengangguran akan langsung menghantam generasi muda dan efeknya akan berlangsung panjang.

Kerusuhan dan penjarahan di London dan wilayah Inggris lainnya bulan lalu, utamanya disebabkan oleh anak-anak muda yang menganggur. Pemerintah diingatkan bahwa kesenjangan sosial akan terus melebar.

Disaat-saat kondisi sulit, biasanya generasi mudalah yang terkena dampak paling keras karena banyak perusahaan memilih mempertahankan pekerja tua ketimbang harus melatih tenaga-tenaga baru.

Disemua negara maju, tingkat pengangguran generasi muda sekitar dua kali lipat populasi secara keseluruhan. Di Inggris, tingkat pengangguran usia 16-24 tahun adalah 2,6 kali lipat rata-rata pengangguran Inggris (keseluruhan) sebesar 7,9%. Sekitar seperempat pencari kerja muda sudah menganggur lebih dari 12 bulan, berdasarkan data di Juli.

Di 2010 pengangguran usia 15-24 tahun berada pada 19,1 persen di Inggris, naik dari 14,4 persen di 2007, sebelum resesi. Dibandingkan usia yang sama, sebesar 18,4 persen di AS dan wilayah OECD rata-rata 16,7 persen. Di Jerman persentasenya 9,7. Yunani 32,9 persen dan Spanyol 41,6 persen, tertinggi diantara negara-negara OECD.

Rencana pemerintah memangkas belanja lah yang akhirnya berdampak kepada prospek lapangan kerja di Inggris. Pemerintahan PM Cameron didesak agar memotong belanja sampai 80 miliar pound karena perekonomian memburuk, akhirnya pemerintah harus memangkas 111.000 PNS dikwartal kedua, dampaknya lapangan kerja yang diciptakan oleh perusahaan swasta turun 41.000.

Untuk mengatasi hal ini pemerintah Inggris merencanakan program pembukaan lapangan kerja (sektor pemerintahan) termasuk pendanaan untuk 360.000 program magang ditahun ini.

Beberapa pengamat mengatakan generasi muda Inggris merasa diabaikan, terasingkan dan tidak diterima dimasyarakat.

Masalah pengangguran muda harus segera ditangani sehingga mereka mendapat kesempatan. Jangan berharap masalah ini akan berlalu ketika perekonomian pulih. (f/fr)

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s