Uncharted 4, terbaik dari Naughty Dog

nathan

Uncharted 4 merupakan game eksklusif Sony untuk konsol Playstation 4 ditahun 2016. Butuh waktu lima tahun bagi studio Naughty Dog untuk akhirnya merilis game ini setelah sempat mengalami penundaan selama satu tahun.

Uncharted 4 bisa dijelaskan dalam beberapa kata singkat seandainya anda belum tahu tentang game ini. Uncharted 4 adalah Indiana Jones versi game atau Tomb Raider versi pria.

Serial Uncharted terbilang unik karena selain merupakan game eksklusif konsol Playstation yang tentunya tidak akan pernah ditemui dikonsol-konsol pesaing, seperti Xbox dan Nintendo, game ini juga seolah menjadi tolok ukur sebagai game paling ideal yang mampu memaksimalkan kemampuan mesin konsol Playstation.

Debut pertama Uncharted adalah Playstation 3 dan dikala itu game ini memainkan peranan penting dalam meningkatkan pamor PS3 sebagai “The most powerful next gen-console”. Dan kali ini Uncharted 4 kembali menggebrak dikonsol generasi berikutnya dan sekali lagi dianggap sebagai game paling ideal yang mampu memaksimalkan kemampuan “engine” Playstation 4.

Uncharted 4 kemungkinan besar adalah seri terakhir dari petualangan Nathan Drake, dimana dia harus kembali menyarungkan pistolnya dan berpetualang untuk terakhir kalinya dalam rangka memburu harta karun seorang bajak laut bernama Henry Avery.

Game ini terasa begitu spesial karena menguak masa remaja Nathan ketika masih berada dipanti yatim dan bagaimana dia bisa terperosok ke dalam bisnis perburuan harta karun dan mempelajari keahlian yang dibutuhkan dalam petualangannya seperti memanjat, bergelayutan dan lain sebagainya.

Lima belas tahun berlalu, Sam, Abang Nathan yang dia kira sudah mati teryata muncul didepan pintu dan bisa ditebak, dia membawa segudang kejutan dan membuat Nathan harus meninggalkan hidup mapannya untuk sejenak.

Uncharted 4: A Thief’s End™_20160501192631
Uncharted 4: A Thief’s End™_20160501192631

Jalan Cerita

Seperti yang sudah diungkapkan diawal, Uncharted adalah serial eksklusif untuk Playstation. Penggarapan game ini dilakukan begitu serius dan matang, ini terlihat dari jeda rilis untuk setiap serinya yang lumayan panjang. Naughty Dog tahu betul bagaimana membuat kejutan dan membuat segala sesuatunya “segar” meski masih mengusung genre dan model cerita yang sudah ada sejak zaman Tomb Raider jaya.

Transisi yang mulus antara gameplay dan cutscene membuat kita seolah-olah sedang menonton film Uncharted yang sesungguhnya. Jalan ceritanya begitu sistimatis dan rapi sehingga mudah sekali diikuti bahkan untuk pemain yang baru pertama kali memainkannya.

Elemen berkeluarga, Nathan yang memasuki usia paruh baya dan Sully yang terlihat semakin tua menambah sensasi nostalgia bagi gamer yang sudah mengikuti Uncharted sejak pertama kali dirilis. Game ini mengandung senasi emosi yang cukup menggugah dimana setelah beberapa jam memainkannya ada perasaan takjub, puas sekaligus haru. Ceritanya begitu kuat dan manis sebagai penutup serial ini.

Uncharted 4: A Thief’s End™_20160428224809
Uncharted 4: A Thief’s End™_20160428224809

Grafis

Sampai detik ini memang belum ada game yang memiliki tingkat kepuasan dan kelengkapan elemen seperti yang dimiliki oleh Uncharted. Tidak hanya memiliki cerita yang bagus, tapi juga grafis yang memukai. Saya pribadi sangat menyukai game-game yang cenderung mengeksploitasi keindahan alam dan Uncharted 4 berkali-kali membuat saya takjub ketika menampilkan keindahan alam Madagascar lengkap dengan lemur nya atau pemandangan pinggir laut Italia ketika senja, lengkap dengan rumah-rumah yang berjejer dibukit….cantik sekali!

Desain karakter juga tidak luput dari perhatian Naughty Dog. Kita bisa melihat betapa pihak studio begitu detilnya dalam menambahkan efek kerutan pada setiap karakter sehingga ketika kita kembali memainkan game-game Uncharted sebelumnya akan jelas terasa bahwa karakter tersebut mengalami proses penuaan dan ada perubahan fisik yang cukup berarti.

Hal yang sangat saya apresiasi dan sukai dari Uncharted 4 adalah mimik muka dari setiap karakter yang begitu hidup sehingga menambah emosi kedalam ceritanya, semua terasa begitu hidup. Memainkan Uncharted 4 terasa seperti bermain game sekaligus menonton film, kita tidak hanya bermain tapi juga ikut larut kedalam ceritanya.

Desain karakter secara keseluruhan begitu smooth, hidup dan cukup realistis jika dibandingkan dengan semua game yang sudah rilis untuk konsol current gen. Kalau boleh berpendapat, maka Uncharted 4 membawa paket yang sangat lengkap dan sulit dikalahkan oleh game-game dengan genre sejenis. Yang jelas Uncharted 4 berpeluang menjadi Game of the Year.

Gameplay

Selain kembali membawa aksi-aksi standar seperti memecahkan teka-teki, memanjat, bergelayutan, menembak dan berkelahi, Uncharted 4 membubuhkan tambahan yang menurut saya begitu esensial sehingga menjadi pembeda dibanding seri-seri Uncharted sebelumnya. Nauhty Dog menambahkan kemampuan grappling hook untuk Nathan dan Sam, dimana pemain sentral tersebut bisa menjangkau tempat-tempat yang jauh dan tinggi dan bahkan kemampuan baru ini memberi sebuah style unik ketika digunakan untuk melumpuhkan lawan.

Tidak kalah menarik, kali ini kita diberi kesempatan untuk mengendarai mobil, jenis offroad tepatnya. Sangat menyenangkan bisa mengendarai mobil 4×4 didataran Madagascar, melewati genangan lumpur, berusaha menaiki bebatuan dengan resiko tergelincir masuk kedalam jurang. Dimana lagi kita bisa melakukan hal-hal beresiko seperti ini dengan aman kecuali di Uncharted 4.

Hal yang paling saya sukai dari game ini adalah pemanfaatan perspektif (saya kurang paham istilah teknisnya) dalam aksi Nathan contohnya ketika dia sedang memanjat menara jam dimana seringkali tangan saya berkeringat dan sering menahan nafas ketika melihat dia melompat dari satu titik ketitik yang lainnya. Semuanya terasa sangat nyata ditambah elemen kejutan seperti batu pijakan patah atau terpeleset, terasa seperti saya yang sedang melakukan kegiatan tersebut.

mobil

Penilaian final

Review ini dibuat ketika saya baru memainkan sekitar 40% dari petualangan Uncharted 4, sehingga ulasan ini lebih cocok dikategorikan sebagai mini review. Ada alasan personal dimana saya tidak tergesa-gesa menamatkan game ini karena segala sesuatunya dibuat begitu sempurna sehingga saya merasa “hal baik tidak harus berakhir begitu cepat” .

Masih banyak tempat yang ingin saya nikmati dan jelajahi, sekaligus mendalami cerita dan emosi setiap karakter. Game ini seolah-olah dibuat khusus untuk pecinta seri Uncharted dan ucapan terima kasih karena telah membeli dan mengikuti perjalanan Nathan dkk selama ini.

Seperti yang sudah saya sebutkan sebelumnya, Uncharted 4 terasa sebagai game yang sudah dipersiapkan dengan matang, tidak tergesa-gesa dan memperhatikan setiap detail sampai hal paling kecil. Game ini hampir tidak memiliki cela.

Saya sangat yakin, bahwa saya berbagi emosi dan pengalaman yang sama dengan jutaan gamer yang saat ini tengah memainkan Uncharted 4. Decak kagum dan kata-kata WOW terlontar puluhan kali, perwujudan apresiasi dan salut kepada tim Naughty Dog yang telah mendedikasikan waktunya untuk membuat sebuah “Masterpiece” yang saya harapkan bukan untuk terakhir kalinya. Meskipun Uncharted harus berakhir disini, saya masih berharap Naughty Dog masih mau untuk terus berkarya membuat game-game berkualitas seperti Uncharted 4.

Sejak awal saya memberi apresiasi yang begitu tinggi bagi Uncharted 4 sehingga rasanya ulasan saya sedikit bias, oleh karena itu sebagai penyeimbang saya akan ungkapkan sedikit kekurangan Uncharted 4 meskipun tidak akan mengurangi kenikmatan dalam memainkannya.

Kekurangan yang saya maksud adalah dalam elemen gameplay dimana saya merasa celah lompatan yang dilakukan olah Nathan sepertinya tidak mungkin dilakukan oleh manusia normal. Celah lompatan lumayan jauh meskipun saya yakin itu dilakukan untuk memberi efek gugup kepada pemain (seolah-olah lompatan yang dilakukan tidak sampai dan jatuh). Ketika pemain berhasil melakukan lompatan akan ada efek tergelincir untuk menambah kesan realisme. Yang terakhir adalah kemampuan Nathan untuk bergelantungan secara simultan untuk jangka waktu yang lama, menjangkau titik-titik tinggi dengan sekali lompatan dengan grip yang begitu mantap. Saya paham bahwa ini adalah sebuah permainan sehingga ada beberapa hal yang mungkin dengan sengaja dikorbankan agar kepuasan bermain dan tensi ketegangan bisa tercapai. Meski begitu saya harus fair mengungkap beberapa kelemahan yang mengurangi realisme game ini meskipun sekali lagi kekurangan yang saya sebutkan diatas tidak akan mengurangi kesenangan dalam bermain dan menurunkan pesona Uncharted sebagai game “Must Buy”dan mengukuhkan #Uncharted4 #GOTY.

 

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s