Penyebab terbakarnya Samsung Galaxy Note 7 ditemukan

note7Hasil penyelidikan mengungkap apa yang menjadi penyebab terbakarnya sejumlah perangkat telefon pintar Galaxy Note 7 tak lama setelah sampai ke tangan konsumen. Insiden ini juga menyebabkan kerugian bagi pihak Samsung yang harus menarik semua produk Note 7 dari pasaran.

Menurut laporan sumber yang dekat dengan masalah ini, penyebab kebakaran adalah baterai dan penjelasan detailnya baru diungkap Samsung pada 23 Januari ini, sehari sebelum pengumuman laporan pendapatan kwartal keempat. Sementara itu ada pihak yang mengatakan desain Note 7 tidak memberi ruang yang cukup (sirkulasi) bagi baterai di dalam perangkat.

Pada September lalu, Samsung menarik sekitar 2,5 juta perangkat Note 7 dan mengatakan penyebab kebakaran adalah masalah proses produksi pada salah satu pemasoknya, yang kemudian diketahui Samsung SDI.

Akan tetapi perangkat Note 7 yang menurut Samsung berasal dari pemasok yang berbeda dan dikatakan memiliki baterai yang selamat mengalami hal serupa. Samsung akhirnya memutuskan secara pemanen menghentikan penjualan perangkat bermasalah tersebut dan disebut mengalami kerugian sebesar 6,1 triliun won atau setara dengan $5,2 miliar dan memakan keuntungan operasi selama tiga kwartal.

Pada Oktober lalu Samsung mengatakan akan memeriksa keseluruhan aspek dari perangkat selular itu termasuk desain perangkat keras dan perangkat lunak dan akan menyertakan pihak ketiga dalam penyelidikan.

Berdasarkan sumber Reuters, Samsung berhasil meniru proses kebakaran ketika penyelidikan dan penyebab kebakaran belum bisa ditentukan apakah berasal dari desain perangkat keras atau perangkat lunak.

Meski dirundung masalah, Samsung masih akan meraup keuntungan besar setelah harga chip memory meningkat dan penjualan layar oled produksi sendiri untuk kebutuhan telefon pintar terus melonjak.

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s