Cryptocurrency

kripto

Beberapa tahun belakangan ini salah satu aset yang cukup mencolok adalah mata uang kripto. Sempat mengalami pasang surut, perlahan namun pasti mata uang kripto kembali bersinar di 2017 ini.
Meski semakin populer tapi masih banyak orang yang awam dengan mata uang kripto. Cryptocurrency banyak orang menyebutnya, merupakan suatu bentuk mata uang digital yang didesain aman dan tak terdeteksi.
Sesuai sifatnya, mata uang kripto harus digunakan secara daring dan sistemnya disebut cryptography, dimana sistem ini muncul untuk pertama kalinya sebagai solusi aman berkomunikasi ketika perang dunia kedua. Mekanisme yang sama digunakan pada mata uang kripto dimana data terlindungi dengan baik menggunakan kode rumit dan sulit diretas dan hanya bisa diakses pemiliknya.
Metode diatas membuat pengguna mata uang kripto dapat bertransaksi tanpa nama dan mengeliminasi kehadiran bank.
Unit mata uang kripto diciptakan melalui sebuah proses yang disebut dengan mining (menambang), menggunakan komputer untuk memecahkan permasalahan matematika rumit untuk menghasilkan koin. Selain itu pengguna juga bisa membeli mata uang dari broker kemudian disimpan dan digunakan menggunakan dompet kriptografik.
Apa yang membuat mata uang kripto ini begitu diminati? aman dan tak terdeteksi. Transaksi tidak bisa dipalsukan atau dibalik dan biayanya juga rendah dan siapapun boleh bergabung.
Meski begitu model ini bukanlah tanpa cacat, karena orang-orang yang berniat untuk menggunakan mata uang kripto sebagai investasi harus tetap waspada akan gonjang ganjing di pasar, sesuai sifat instrumen investasi. Kita tentu ingat beberapa kasus ketika mata uang kripto dihantam masalah diantaranya; penutupan GBL, platform perdagangan bitcoin di China dan menyebabkan kerugian bitcoin senilai $5 juta atau ketika Mt. Gox, exchanger terbesar bitcoin menyatakan bangkrut. Dalam pernyatannya, perusahaan ini mengungkap kehilangan hampir $473 juta bitcoin penggunanya akibat pencurian. Dampaknya, harga bitcoin yang semula $1,160 drop menjadi dibawah $400 saja. Dan ada banyak kasus lainnya.
Sifat mata uang kripto yang anonymous membuat pemerintah dibanyak negara kebinggungan dan cenderung melabeli aset ini sebagai illegal. Oleh karena penggunaannya belum merata, namun sangat potensial maka belum ada regulasi khusus yang secara spesifik melarang maupun mencekal mata uang kripto ini. Beberapa bank sentral dunia memilih wait and see sambil mempelajari peluang, efek negatif dan kemungkinan meregulasinya di masa depan.
Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s